Bonnie


E satu.com (Kota Cirebon) - Komandan Kodim (Dandim) 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Saputra Hakki, S.H., M.P.M, menghadiri kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Apel Balaikota Cirebon, Selasa (1/10/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, di antaranya Brigjen TNI Bayu Sudarmanto, S.E. (Danrem 063/SGJ), Kombes Pol I Made Sukawijaya, S.I.K. (Dirpolair Polda Jabar), AKBP M. Rano Hadiyanto, S.I.K., M.M. (Kapolres Cirebon Kota), Drs. Agus Mulyadi, M.Si. (Pj. Walikota Cirebon), serta para pejabat lainnya, pelajar, mahasiswa, dan perwakilan tokoh agama.

Brigjen TNI Bayu Sudarmanto bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat dari Pj. Walikota Cirebon. Dalam amanat tersebut, ditekankan bahwa peringatan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan pada peristiwa sejarah Gerakan 30 September 1965 yang menelan korban jiwa dari TNI.

“Peringatan ini adalah bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Pancasila,” tegas Brigjen Bayu.

Ia juga mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai landasan moral dan panduan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila harus menjadi titik berangkat dan tujuan pembangunan, baik saat ini maupun di masa depan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Brigjen Bayu juga berpamitan kepada jajaran Pemerintah Kota Cirebon, sehubungan dengan berakhirnya masa jabatannya sebagai Komandan Korem 063/SGJ.

“Saya berterima kasih atas kerja sama yang baik dan memohon doa agar bisa menjalankan tugas di tempat yang baru dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Saputra Hakki berharap generasi muda dapat terus menjadikan keteladanan para pahlawan sebagai inspirasi untuk menanamkan dan membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita harus terus menghidupkan nilai-nilai Pancasila dalam sikap dan perilaku kita," tegasnya. (Wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top