Bonnie


E satu.com (Kota Cirebon) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon telah melaksanakan rapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon. Acara ini dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST yang mewakili Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi di Kantor KPU Kota Cirebon, Senin (23/9/2024).

Dalam sambutannya, Pj Sekda menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam memastikan pelaksanaan Pilkada Kota Cirebon berjalan dengan tertib dan lancar hingga tahapan pengundian nomor urut pasangan calon.

“Atas nama Pemerintah Kota Cirebon, kami mengucapkan terima kasih kepada KPU Kota Cirebon serta seluruh pihak yang telah memastikan proses Pilkada ini berjalan tertib. Penetapan nomor urut hari ini menandai langkah lebih lanjut menuju Pilkada yang damai," ujarnya.

Pj Sekda juga menekankan pentingnya peran media dalam mengedukasi masyarakat terkait pentingnya partisipasi dalam pemilihan ini.

 “Kami berharap rekan-rekan media dapat berperan aktif dalam menyosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar keterlibatan mereka dalam Pilkada lebih berkualitas,” tambahnya.

Sosialisasi dan edukasi tersebut, lanjut Pj Sekda, juga merupakan langkah preventif dalam mencegah potensi konflik yang mungkin timbul akibat polarisasi dukungan politik. 

“Sinergi yang baik di antara seluruh elemen masyarakat adalah kunci dalam menjaga pemilu yang damai, jujur, dan berintegritas,” katanya.

Dengan selesainya pengundian ini, seluruh tahapan Pilkada diharapkan dapat berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku dan tetap menjaga suasana kondusif. 

“Pemerintah Kota Cirebon berharap Pilkada 2024 menjadi momentum penting untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat demi kemajuan Kota Cirebon yang lebih baik,” harapnya.

Pemerintah Kota Cirebon juga mengajak seluruh masyarakat yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk menggunakan hak pilihnya sebagai bagian dari proses demokrasi dan penentu masa depan Kota Cirebon.

Dalam acara pengundian, setiap pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota diminta mengambil undian nomor antrean, yang kemudian digunakan untuk mengambil nomor urut pasangan calon. 

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko, menjelaskan bahwa pengundian nomor antrean dilakukan sesuai urutan pendaftaran pasangan calon di KPU.

"(Pengambilan undian nomor antrean) ini sesuai dengan kehadiran pada saat pendaftaran di KPU Kota Cirebon," ujar Mardeko.

Hasil pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon yakni Dani Mardani dan Fitria Pamungkaswati mendapatkan nomor urut 1, Eti Herawati dan Suhendrik mendapatkan nomor urut 2 serta Effendi Edo dan Siti Farida Rosmawati mendapatkan nomor urut 3.

Ketiga pasangan calon datang didampingi oleh tim sukses masing-masing dalam suasana yang penuh dengan semangat demokrasi
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top