Bonnie


E satu.com (Kota Cirebon) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperingati hari jadinya yang ke-79 Pada 28 September 2024 dengan tema "Keselamatan dan Keberlanjutan". Tema ini mencerminkan komitmen KAI untuk menjaga keselamatan penumpang dan lingkungan, serta menerapkan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) dalam bisnisnya.

Dicky Eka Priandana, Vice President KAI Daop 3 Cirebon menuturkan, untuk mendukung keberlanjutan, KAI melakukan sejumlah langkah, termasuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa stasiun. 

"Hal ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan energi konvensional dan jejak karbon. Selain itu, KAI menyediakan air minum gratis di beberapa stasiun untuk mengurangi sampah plastik," tuturnya, Sabtu (28/9/2024).

KAI juga mencatat sejumlah prestasi tahun ini, seperti penyelesaian proyek strategis nasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, serta pengoperasian kereta dengan rute terpanjang, Blambangan Ekspres. 

Selain itu, KAI terus meningkatkan infrastruktur untuk mempercepat perjalanan kereta dan mendukung keberlanjutan operasional.

"Salah satu inovasi terbaru KAI adalah uji coba sistem pengendalian lalu lintas kereta api terpusat atau Centralized Traffic Control (CTC) di Daop 3 Cirebon," ujarnya.

Sistem ini memungkinkan pengendalian beberapa stasiun dari satu pusat kendali, meningkatkan efisiensi dan keselamatan operasional kereta.

"KAI berharap dengan berbagai langkah tersebut, perusahaan dapat terus menjadi moda transportasi yang aman dan berkelanjutan di masa depan," harap Dicky. (Wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top