camat


E satu.com (Tangerang) - Kebebasan Pers dalam meliput dan menyajikan berita tidak ada yang bisa menghalang - halangi karena  sudah diatur oleh Undang-undang, namun demikian awak media , wartawan atau jurnalis tidak bisa juga  dengan  begitu saja atau seenaknya meliputi  dan membuat berita yang akan disajikan kepada publik , segala sesuatunya diatur  melalui kode etik jurnalistik. Terlebih dalam meliput dan menayangkan berita terkait kasus atau isu kurang baik yang berkembang di tengah masyarakat , harus berimbang atau terkonfirmasi dari kedua  belah pihak, terkecuali pihak tersebut tidak bisa atau enggan untuk di konfirmasi. 

Hal itu disampaikan oleh ketua Gabungan Masyarakat Peduli Pembangunan ( GMPP ) yang juga sebagai  Jurnalis Senior, menyebutkan awak media , wartawan atau jurnalis harus berani mengangkat isu negatif namun harus berimbang , Objektif dan terkonfirmasi dari kedua pihak.

" Tentunya awak media , wartawan atau jurnalis harus berani mengangkat berita terkait isu - isu kurang baik dan itu tidak ada yang bisa menghalang - halangi karena sudah dilindungi oleh Undang-undang, namun harus terkonfirmasi dari kedua belah pihak sehingga beritanya berimbang alias tidak sepihak, dengan demikian  akan mencegah berita hoax yang berkembang di tengah masyarakat ", ujar M. Soleh 

Lebih lanjut M. Soleh  memberikan beberapa bukti media Online yang tidak  berimbang atau tidak Objektif dalam meliput dan menayangkan pemberitahuan. 

" Seperti berita kemarin, terkait aksi demo di SMAN 7 Tangsel, Salah satu media online yang  menayangkan berita dengan judul " Minta Siswa, SMAN 7 Tangsel Didatangi Sejumlah Orang ", namun  sayangnya dalam pemberitaan tersebut tidak disebutkan massa pendemo itu darimana  dan juga tidak ada pernyataan dari pihak massa atau pendemo  yang  disebutkan dalam pemberitaan tersebut dan massa pendemo tidak terkonfirmasi dan hal itu bisa diduga melanggar kode etik jurnalistik dan ini bisa menimbulkan fitnah, yang nantinya jika tidak diselesaikan, akan bisa di bawa ke ranah hukum ", pungkas M. Soleh yang di jumpai di Sekretariat GMPP, pada Minggu ( 28/7/2024 ).


( Asep WW )
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top