camat


E satu.com (Indramayu) - 
Sebanyak ratusan kendaraan  inventaris aset milik Pemerintah Kabupaten Indramayu  lenyap, nampaknya seperti tak tersentuh program Lacak Aset Daerah (La-Da)  yang digagas oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina.

Ditemukan informasi ini, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan  Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI)  atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu tahun anggaran 2022, Laporan Hasil Pemeriksaan atas Sistem pengendalian intern  dan Kepatuhan terhadap ketentuan perundangan-undangan nomor  20B/LHP/XVIII.BD/05/2022 tertanggal 11 Mei 2023. Dalam LHP itu ditemukan informasi pada lampiran 70  tentang  Aset Peralatan Mesin yang tidak dapat ditelusuri.

Pada lampiran tersebut yang dijelaskan pada bagian halaman 107 mengungkapkan, terdapat alat mesin yang belum diketahui keberadaannya. Disebutkan,  dalam pemeriksaan LKPD TA 2021 telah mengungkapkan permasalahan 46 unit kendaraan senilai  Rp4.091.293.000 belum dapat di indentifikasi keberadaannya. 

Selain permasalahan tersebut, berdasarkan laporan konsolidasi hasil inventarisasi lacak aset daerah  belum diketahui keberadaannya/dinyatakan hilang berupa kendaraan roda 2  dan roda 4 minimal sebesar Rp13.250.007.523,60. Lebih lanjut, BPK menyebutkan, hasil pemeriksaan informasi kepada Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) diketahui atas aset tetap peralatan mesin yang tidak dapat ditelusuri keberadaannya/dinyatakan hilang belum dilakukan proses TP-TGR, sehingga aset tetap tersebut belum dapat dilakukan proses penghapusan.  Adapun jumlah Aset Peralatan Mesin yang tidak dapat ditelusuri keberadaannya, berdasarkan lampiran 70 mengungkapkan, sebanyak 939 kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4.    

Untuk proses TP-TGR sendiri merupakan tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi atas  suatu kerugian yang diderita oleh Negara atau Daerah sebagai akibat langsung ataupun tidak langsung  dari suatu perbuatan melanggar hukum.

Sementara itu, melalui pesan singkat What'sApp pribadinya, Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Ir Aep Surahman saat dikonfirmasi, Kamis (04/07/2024) mengklaim tidak ada temuan tentang hal tersebut diatas.

" Ga ada temuan terkait hal itu mas," singkatnya menjawab konfirmasi wartawan.


Penulis: Tri
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top