camat


E satu.com (Kota Cirebon) - Bertempat di Posyandu Kemuning RW.09/Suradinaya Barat Kel. Pekiringan Kec. Kesambi Kota Cirebon, Babinsa Kel. Pekiringan Koramil 1401/Kesambi Kodim 0614/kota Cirebon Sertu Engkus Kusnandar, telah melaksanakan monitor dan pendampingan kegiatan dari Posyandu Kemuning, dalam rangka gerakan intervensi pencegahan Stunting yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Cirebon berkolaborasi dengan Puskesmas Gunung Sari.(Selasa, 11/6/24)

Adapaun kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinkes Kota Cirebon yang bekerjasama dengan Puskesmas Gunung Sari dalam pendampingan babinsa Kel. Pekiringan tersebut diantaranya pengecekan kesehatan balita seperti penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan pemberian vitamin.

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan tempat pemeriksaan kesehatan Balita pertama, seperti yang saat ini dilakukan oleh Posyandu Kemuning RW.09/Suradinaya Kel. Pekiringan. Dimana, kegiatanya itu dilakukan setiap sebulan sekali. Adapun kegiatan ini meliputi penimbangan balita, Imunisasi, pemberian vitamin A, pemeriksaan ibu hamil serta lainnya.

Posyandu bukan hanya terkait vaksinasi. Namun, di posyandu juga bisa dimanfaatkan untuk memantau tumbuh kembang anak seperti mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak diukur untuk mendeteksi sejak dini jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kekurangan gizi, serta sebagai upaya untuk pencegahan anak stunting.


Guna menghindari serta menekan angka Stunting pada anak, hingga anak berusia 5 tahun, diupayakan wajib anak tersebut untuk dibawa ke posyandu oleh ibunya. Sebab jika tidak, dikhawatirkan tumbuh kembang anak serta pemenuhan gizinya tidak dapat terpantau dengan baik.


Dengan adanya posyandu, tentunya agar menjaga kesehatan anak yang akan menjadi generasi penerus bagi Bangsa. Selain itu, juga menghindari dari gejala stunting agar daya perkembangan pengetahuan anak tidak terganggu. “ungkap Engkus Kusnandar.” (padmo)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top