Bonnie


E satu.com (Jakarta) -
Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia ( PB FOBI ) untuk pertama kalinya menggelar kejuaraan dunia dalam kejuaraan FOBI World Barongsai Championship yang di adakan di Britama Arena, Jakarta, pada Sabtu ( 18/5/2024 ). Selain di ikuti oleh klub Barongsai dari Indonesia, kejuaraan ini diikuti pula oleh klub dari Singapura, Malaysia, Hongkong, Myanmar, Vietnam, Tiongkok, Taiwan, Thailand dan Australia yang digelar dari 17 sampai 19 Mei 2024 yang di ikuti oleh 550 atlet dari 58 klub dari berbagai klub di dunia untuk bersaing memperebutkan gelar tertinggi.

Kejuaraan Barongsai ini menjadi bukti kemajemukan, karena diikuti pula oleh peserta yang berasal dari beragam suku, ras, dan agama serta dari anggota TNI.

Kejuaraan yang diberi nama 1st FOBI World championship 2024 ini, di buka oleh Menpora dan mempertandingkan 3 kategori. Indonesia sukses meraih juara pertama pada 2 kategori, yakni Piala Presiden dan Piala Menhan, sedangkan piala Menpora di sabet oleh klub dari China.

Ketua DPW Insan Pariwisata Indonesia ( IPI ) Kabupaten Tangerang, Ike Megasari yang turut mendampingi latihan para atlet FOBI Banten selama 3 minggu di hall Plaza Shinta, Karawaci, kota Tangerang, berharap, semoga kedepannya, IPI bisa menyelenggarakan Festival Barongsai untuk mencari bibit-bibit atlet, karena Barongsai yang di kenal sebagai seni budaya keturunan etnis Tionghoa, telah mampu ikut ajang prestasi dan menjadi cabang olahraga resmi dunia. Diharapkan pula oleh Ike Megasari, semoga Barongsai dapat diminati oleh para remaja dan generasi muda dari berbagai suku di Indonesia, karena selain bisa berolahraga, Barongsai banyak mengandung filosofi dan bernilai sejarah.
( Soleh )

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top