camat


E satu.com (Tangerang) - Pemerintah daerah Kota Tangerang, melalui  Dinas Pendidikan Kota Tangerang sudah pernah mengeluarkan himbauan kepada pihak sekolah agar tidak melakukan kegiatan perpisahan sekolah di luar daerah. Himbauan disampaikan dengan tujuan untuk menghindari  kejadian yang sangat tidak di inginkan, seperti yang seringkali terjadi bahkan  saat ini publik ramai menyoroti kecelakaan tragis. Bus  yang membawa rombongan pelajar dalam rangka perpisahan mengalami kecelakaan , mengakibatkan belasan pelajar meninggal dunia di tempat.

Di Kota Tangerang, himbauan untuk tidak melakukan kegiatan perpisahan  ke luar daerah , terkesan hanya  sebatas formalitas bahkan seolah lepas dari tanggung jawab. Terbukti masih  cukup banyak sekolah yang melakukan kegiatan perpisahan ke luar daerah. Meskipun  kegiatan tersebut menuai pro kontra dari orang tua murid.

Menyoroti hal tersebut,  Ketua Lembaga Pemerhati Pendidikan ( LPP  ) yang juga sebagai ketua DPC Media Center Indonesia ( M'CI ) Kota Tangerang, Asep Wawan Wibawan, menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kota Tangerang kurang memberikan tindakan tegas  bahkan terkesan membiarkan pihak sekolah melakukan kegiatan perpisahan di luar daerah.

" Himbauan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kota Tangerang untuk tidak melakukan kegiatan perpisahan ke luar daerah, terkesan  hanya sebatas formalitas dan seolah lepas dari tanggung jawab, terbukti masih ada beberapa sekolah yang sudah dan akan melakukan kegiatan perpisahan atau Studi Tour di luar daerah. Dinas pendidikan diam saja , bahkan  Sekdis  Pendidikan  pernah menyampaikan kepada saya, bahwa itu hanya sebatas himbauan, jadi tidak masalah bila pihak sekolah melakukan kegiatan Studi Tour atau perpisahan di luar daerah. Selama ada persetujuan dari orang tua murid

Ya iyalah.. Orang tua murid pasti banyak yang menyetujui , karena ga enak dengan pihak sekolah. Bila tidak setuju akan dianggap  tidak mendukung atau menghargai pihak sekolah ", ungkap Asep Wawan Wibawan,Di kediamannya, pada Minggu ( 12/5/2024 )

Menurut Asep Wawan Wibawan , selin kurang ada ketegasan dari Dinas Pendidikan ,Pihak sekolah kurang mempertimbangkan sampai sejauh mana dampak positif yang bisa di ambil khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara mentalitas maupun daya intelektualitas "

" Seharusnya Dinas Pendidikan Kota Tangerang tegas juga bisa memberikan solusi atau alternatif lain agar sekolah - sekolah yang ada di Kota Tangerang  tidak melakukan kegiatan  Studi Tour atau perpisahan di luar daerah.

Selain  tegas , Dinas Pendidikan Kota Tangerang bisa memberikan solusi atau alternatif lain kepada pihak sekolah untuk tidak melakukan kegiatan perpisahan di luar daerah .Cukup banyak kegiatan yang sangat menarik, mendidik dan berkesan dalam kegiatan perpisahan, tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk bisa bergembira  , berwisata ke luar daerah dengan resiko dan biaya yang cukup besar .

Namun  hal itu , segala sesuatunya di kembalikan kepada Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Bisakah dan mampukan  mendorong pihak sekolah  melakukan kegiatan perpisahan tanpa harus keluar daerah dan mampukah, bisakah Dinas Pendidikan Kota Tangerang mendorong  ide, gagasan atau kreativitas   sekolah untuk tidak melakukan kegiatan infra sekolah ke luar daerah...", pungkas Asep Wawan Wibawan

( Soleh )
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top