camat


E satu.com (Cirebon) -
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Cibogo Kecamatan Waled di monitoring dan evaluasi oleh TP PKK kabupaten Cirebon beserta jajarannya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon beserta jajarannya, Kepala Dinas PMD beserta, Camat Waled didampingi unsur muspika, Para kuwu besert perangkat desa, Kepala UPT, para kader-kader PKK kecamatan dan desa, Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat, ulama, tamu dan undangan terkait lainnya. Senin (29/4/2024).

Acara dimulai dengan pemberian materi dan penilaian oleh Tim Monev lalu menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan Mars PKK dan Lagu kreasi dari tiap paduan suara anggota PKK Desa Cibogo.

Di sampaikan camat Waled Atat Hartati SPdi, bahwa pembinaan wilayah adalah bertujuan untuk peningkatan kapasitas Pengurus dan pembenahan Administrasi PKK tertata rapih dan tertib. Sehingga semua kegiatan TP PKK baik Kecamatan maupun Desa tercatat dan terdokumentasikan dengan baik. 

Menurutnya, Pengurus PKK Kabupaten Cirebon memberikan apresiasi kepada TP PKK Desa Cibogo yang sudah menyajikan dokumen-dokumen yang sesuai dengan juknis ber aktualisasi dalam menggerakkan masyarakat di berbagai kegiatan.

Dan, pemdes Cibogo mempunyai kelebihan di bidang edukasi yaitu pendidikan Paud Azzahra milik pemdes yang di kelola dengan kepala sekolah ibu kuwu Ahmad Hudori dan UMKM tanaman di pekarangan yang dijadikan lahan produktif ekonomi berupa sayuran dan kebutuhan dapur sehari-hari.

"Saya yakin, bahwa TP PKK Desa Cibogo dapat meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan ekonomi warga dengan turut andil dalam pembangunan di tingkat desa," harapnya.

Sedangkan dalam pembinaannya Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan berdasarkan rujukan dari Tim Penggerak PKK Provinsi dan berdasarkan Rakernas Nomor 8 Tahun 2015 yang membawa misi  program-program kerja yang ada di Tim Penggerak PKK kota, kabupaten dan desa agar dapat berjalan dan  diharapkan seluruh kader-kadernya mumpuni dalam 10 program PKK, acara ini juga bertujuan untuk memotivasi, menambah pengetahuan dan wawasan kader. 

Bukan hanya sebagai media untuk memperoleh prestasi namun dapat direalisasikan kepada masyarakat agar dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik, di posyandunya pun bagaimana caranya agar dapat melahirkan penerus yang berkualitas sesuai 10 program PKK yang diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. 

"Jadi kader PKK harus menerapkan tata cara hidup bersih dan sehat agar masyarakat lebih mengerti dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan pribadi, keluarga dan lingkungan," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kuwu Ahmad Hudori yang mendampingi ketua PKK desa Cibogo, kader PKK memiliki peran penting terutama dengan kesejahteraan keluarga dan membantu penurunan stunting di Kabupaten Cirebon melalui posyandu di desa yang ada di Kecamatan Waled terutama di desa Cibogo.

“ Ini di buktikan di desa Cibogo dalam meningkatkan lagi potensi yang ada di desa baik kesehatan, pendidikan dan UMKM untuk meningkatkan ekonomi warga desa,” terangnya. 

Pada kesempatan yang sama Ibu Kuwu Ahmad Hudori yang juga ketua PKK desa Cibogo mengharapkan, para kader PKK bisa lebih semangat lagi untuk mensosialisasikan program-program yang diberikan dengan menerapkan 10 program pokok PKK dalam lingkungan warga di kehidupan sehari-hari dengan inovasi dan kreativitas.

Lebih dari itu, dirinya selalu mengajak kepada Pengurus TP PKK Desa agar selalu menularkan ilmu dan informasi yang telah diperoleh dari setiap kegiatan yang sudah diikuti di Tingkat TP PKK Kecamatan dan Kabupaten.

“Saya berharap dengan bimbingan wilayah mendapat penilaian dari tingkat kabupaten bisa membangkitkan kembali semangat para kader-kader PKK Desa Cibogo lebih maju dan berprestasi,” tuturnya.

Sedangkan dalam penyampain kesan dan pesan dari pengurus TP PKK Kabupaten bahwa secara umum administrasi cukup baik dan agar dipertahankan dan apabila ada kekurangan agar segera diperbaiki, setiap kegiatan agar selalu tercatat dalam buku kegiatan. (uki)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top