camat


E satu.com (Indramayu) - 
Ditemukan Yayasan Pondok Pesantren  di Kabupaten Indramayu Jawa Barat diduga fiktif namun,  memperoleh anggaran  hibah dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun  2023.   

Hal yang tidak terduga, Yayasan Pondok Pesantren yang dinamakan " Daarul Jannah Insani"  itu   memperoleh hibah dari bantuan provinsi  Jabar dengan nominal yang sangat fantastis ditahun itu.   

Informasi perihal hibah, diperoleh awakmedia berdasarkan data Lampiran  III Daftar Nama Penerima, Alamat Penerima, dan Besaran Hibah tahun anggaran 2023.  Di dalam data itu, ditemukannya Yayasan Darul Jannah Insani, Jalan Kapten Sutedjo nomor 95 C Kabupaten Indramayu, dengan nominal hibah yang diterima kurang lebihnya sebesar Rp1.350.000.000 (Satu miliar tiga ratus lima puluh juta rupiah).

Sementara itu, hasil penelusuran awakmedia sesuai dengan alamat  yayasan itu, ternyata tidak ditemukan tanda -tanda aktif nya pondok pesantren "Daarul Jannah Insani " tetapi lokasi tersebut berubah menjadi  pondok pesantren lain Daarul Mansur.

Salah satu Pengelola Ponpes Darul Mansur, KH. Rohimin menyebutkan bahwa,   saat ini  dilokasi  tersebut hanya ada Ponpes Daarul Mansur yang diresmikan pada tahun lalu dengan pengelola yang berbeda. 

" Pengelola kita beda, kalau Daarul Jannah ya dengan pihak pengelolanya, " kata dia 

Menanggapi hal itu Slamet Edi Kasi PD Pontren Kementrian Agama Kabupaten Indramayu mengungkapkan, Yayasan Pondok Pesantren Darul Jannah, per hari ini belum menempuh proses perizinan. 

" Karena itu belum menempuh proses perizinan jadi bukan naungan kami (Kemenag)," ujarnya.

Keterkaitan dengan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pihaknya menegaskan tidak tahu-menahu. " Kalau hibah dari provinsi, kami tidak tahu- menahu," tegas Kasi PD Pontren. 


(Tri KH)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top