camat


E satu.com (Cirebon)
- Belum lama ini, Senin (22/01), bertempat di Madukoro Hotel Sutan Raja, bilangan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu_red) Kecamatan Suranenggala melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Acara yang digelar pada pukul 8.00 WIB tersebut, rupanya sudah sejak pagi hari terlihat beberapa orang berpakaian hitam dan putih sudah berdatangan begitupun pula terlihat sudah ada yang sejak pagi datang di tempat parkir hotel tersebut.

Saat awak media menemui salah satu yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa dirinya adalah salah satu peserta pada acara pelantikan pengawas TPS di Kecamatan Suranenggala,”Saya dari pagi sudah siap menunggu dilantik, Pak. Sebagai salah satu nilai kesemangatan kami dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2024 dengan melakukan pengawasan di TPS masing-masing ,” ujarnya lirih.

Salah satu komisioner Panwaslu, Sudaryanto, S.Pd mengatakan bahwa para pengawas TPS ini sudah melewati beberapa penjaringan dan penyaringan yakni, seleksi,”Diantaranya mereka yang lulus secara administrasi kemudian mengikuti seleksi wawancara dan setelah dinyatakan cukup kompetensi dan lolos kemudian melakukan acara sumpah janji sebagai bekal integritas dari para pengawas tersebut dalam menjalankan tugas pengawasan di TPS,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, salah seorang komisioner lainnya, Sukarsa didampingi Sekretaris Panwaslu, Sukardi, S.Sos menegaskan bahwa mereka yang sudah lolos seleksi dan dilantik,”Sedianya sudah siap melakukan pengawasan di TPS sesuai dengan tugas, kewajiban dan wewenangnya dalam melaksanakan perintah Undang-Undang dalam pengawasan Pemilu Tahun 2024 di semua TPS. Sehingga kualitas Pemilu sudah tidak dapat diragukan lagi hasilnya dan dapat diterima oleh semua pihak,” harapnya. 
Ditambahkan Koharrudin, selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Suranenggala bahwa prosesi pelantikan tersebut dilaksanakan sebagai kegiatan penutupan proses seleksi yang sudah dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan,”Sehingga proses yang kemarin diikuti oleh ratusan peserta pendaftar Pengawas TPS dapat selesai dan diakhiri dengan proses pelantikan ini dan bimbingan teknis bagi mereka yang sudah terlantik. Karena secara aturan, mereka sudah sah dan resmi bergabung dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Saya sangat berharap agar mereka yang sudah terlantik dapat langsung kerja pengawasan serta dapat amanah dalam menjalankan tugas-tugas pengawasannya,” tutur Kohar.

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top