camat


E satu.com (Karawang)
- Ketua Bumdes Jomin Barat Dharmawan Yudha Permana ST sedang melakukan penyiraman jamur tiram di green house saat ditemui media E satu.com pada kamis (4/10/2023) kemarin.

Menurut beliau jamur tiram adalah tanaman yg paling mudah dalam perawatan karena tidak memerlukan segala macam pupuk, cukup rutin pengontrolan suhu ,penyiraman air beras pada tanaman dan penyiraman untuk menstabilkan suhu ruangan.

Bumdes Jomin Barat Bakti Sauyunan merupakan badan usaha milik desa yang berkantor pusat di jalan Jenderal Sudirman no 38 RT 001 RW 002 Desa Jomin Barat kecamatan Kotabaru kabupaten Karawang. Dengan ketua Bumdesnya Dharmawan Yudha Permana ST. Dan kepala Desanya Tatang Hidayat ,S.PT

 Jamur tiram Bumdes Bakti Sauyunan ini sudah mendistribusikan hasil panennya di Pasar Induk dan warga setempat baik yang langsung maupun melalui WA warga.

Dikarenakan masih minimnya hasil panen sedangkan permintaan pasar semakin meningkat sehingga bumdes berencana menambah baglog (media tanam jamur dari serbuk kayu) dengan harapan mampu mencukupi permintaan pasar dan memproduksi hasil turunan jamur tiram yang sedang direncanakan oleh ibu-ibu KWT setempat seperti jamur tiram crispy, nugget jamur dan pepes jamur.

Selain bumdes di Jomin Barat ini juga sedang membudidayakan sayuran dan buah dari hasil tanaman hidroponik,untuk bangunanya sedang dibangun greenhouse hidroponik ketahanan pangan.

Alhamdulillah dengan adanya budidaya jamur tiram , sayur dan buah ini ketahanan pangan desa Jomin Barat sudah terpenuhi. Hanya saja belum bisa memenuhi permintaan pasar dalam skala besar. Permintaan yang semakin meningkat membuat kami kewalahan karena hasil panen yang belum mencukupi kebutuhan pasar. 

Mudah-mudahan rencana penambahan media tanam jamur dan perluasan greenhouse nanti mampu meningkatkan hasil panen dan mampu memenuhi permintaan pasar, imbuh beliau menutup perbincangan kami pagi itu .(Susi)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top