Bonnie


E satu.com (Kabupaten Cirebon) - Pemerintah Desa Luwung , Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Menggelar tradisi "Mapag Sri" yang berlangsung meriah.

Puncak rangkaian kegiatan mapag Sri dengan mempersembahkan penampilkan pentas budaya sandiwara Merah Delima dari kapetakan Kabupaten Cirebon d
"Alhamdulillah berkat gotong royong para petani dan masyarakat tradisi seni budaya dan tradisi leluhur terus di berdayakan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT," kata Tajudin kepada media. Minggu (24/09/2023).

Menurut kuwu Luwung Tajudin , berbagai macam hasil panen palawija, dengan cara diarak keliling kampung. Tua, muda, remaja, hingga anak-anak tumpah ruah berbahagia menyambut Mapag Sri.

" Ini merupakan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas hasil panen kali ini yang berlimpah ruah, dan menyambut hasil panen berikutnya agar petani sehat dan sejahtera," tutur nya .

Kuwu Desa luwung Tajudin juga menyampaikan dengan pakaian adat, sejumlah perangkat Desa dan petani menggotong satu tandu yang berisi padi hasil panen di tahun
tahun di Desa luwung yang di ikuti para petani dan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

“ Semoga di gelarnya Mapag Sri ini menjadi momen untuk bermunajat pada Allah SWT. Di samping, wujud syukur atas limpahan panen, keberkahan rejeki, kebahagiaan serta kesejahteraan para petani,” harap nya (uki)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top