camat


E satu.com (Cirebon) -
Ribuan warga Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon bersama - sama melakukan Pawai menggunakan pakaian dan atribut Islami, serta replika miniatur pintu, ka’bah, binatang onta, masjid, dan Al Qur'an dengan berjalan kaki mengelilingi jalan raya gunung jati dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1445 Hijriah.

Meski berdesak desakan, tetapi para peserta pawai ini tetap bersemangat melanjutkan pawai keliling yang dimulai di Alun - alun gunung jati, jalan raya, hingga berakhir di Alun - alun depan Makam Sunan Gunung Jati.

" Bersyukur tidak ada kendala, tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi dalam pawai ini," kata Kuwu Efi Saefullah

Ia mengatakan puluhan peserta pawai ini adalah peserta dari warga desa Astana. Menyambut tahun baru Islam.

" Ada juga perwakilan dari setiap musholla, masjid, paguyuban, perangkat desa dan juga bersama - sama dengan warga melakukan pawai ini," katanya.



Ia berharap, ke depannya tradisi ini, tetap diwariskan kepada generasi muda di Desa Astana.

" Saya waktu kecil juga ikut pawai seperti ini terus. Cuma beberapa tahun ini hilang, tapi kita berusaha untuk hidupkan kembali dalam rangka menghidupkan nilai syiar, nilai Islam dan juga sekaligus merajut kebersamaan bersama saudara yang juga yang ikut dalam pawai ini," ucap Efi kepada awak media, Selasa (18/7/23).

Sementara itu, salah seorang warga desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, kadisa mengatakan sangat bangga dan senang dapat berpartisipasi dalam pawai ini.

" Bangga sekali, tidak ada merasa capeknya, tapi tetap semangat karena kita mendukung bahkan kita umat Islam itu sangat ditingkatkan," katanya.



Ia berharap, kebersamaan keagamaan ini selalu ditingkatkan, tanpa membeda - bedakan satu sama lain.

" Jadi tidak ada perbedaan, makanya ketika kita ditelfon untuk mengikuti kegiatan ini kita sangat senang dan bangga, bahkan anak kami ini punya semangat yang sangat tinggi," ujarnya.

Kegiatan pawai ini juga turut dimeriahkan oleh atraksi drum band, reog, Genjring yang berbaris sepanjang jalan dan memainkan alat musik mereka. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top