camat


E satu.com (Cirebon) -
Memperingati Haul Mbah Kuwu Cirebon, Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) se - Kabupaten Cirebon menggelar ziarah dan doa bersama di dua tempat bersejarah di Kabupaten Cirebon, yakni Makam Keramat Mbah Kuwu Sangkan di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun dan Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Minggu (23/7/23).

Setelah melaksanakan doa bersama di Makam Mbah Kuwu Sangkan, para Kuwu melanjutkan ke Makam Sunan Gunung Jati atau Syekh Syarif Hidayatullah yang merupakan salah satu wali songo di tanah Jawa.

Haul Mbah Kuwu Sangkan dihadiri Bupati Cirebon, Wakil Bupati Cirebon, Forkopimda, Kapolresta Cirebon, Kodim 0620, dan Kuwu se - Kabupaten Cirebon.


Ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC), Kuwu Muali desa Keraton mengatakan, haul Mbah Kuwu Sangkan dan Sunan Gunung Jati, adalah kewajiban dari kami para penerus. Itu kewajiban kita semua untuk mengamalkan jasa - jasanya dalam sejarah yang harus kita pertahankan demi untuk keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan bagi warga Cirebon.

" Jadi para Kuwu harus selalu menjaga marwah Mbah Kuwu Cirebon dan kegiatan haul ini, sebagai rasa syukur kepada Allah SWT untuk para pendiri Cirebon Nagari. Semoga amal ibadahnya diterima dan ahli surga, amiin," kata Muali kepada awak media.

Ditambahkan Kuwu Muali, acara memperingati haul Mbah Kuwu Cirebon di bulan Muharram ini dengan tema " Singkirna Sifat Kang Den Wanci Duwena Sifat Kang Wanti".


Hal senada diungkapkan Kuwu Desa Danawinangun, Maman selain berziarah ke makam tokoh Cirebon. Setiap Kuwu di Kabupaten Cirebon harus melihat ke belakang, sehingga ziarah merupakan salah satu cara mengingat kuwu pertama di Cirebon yang membangun pendukuhan Cirebon maju dan berkembang sampai sekarang kita nikmati.

" Jadi tugas dan amanah kita sebagai kuwu adalah berat, karena figur Kuwu adalah pejabat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan harus memberikan suri tauladan seperti kuwu pendahulu," tuturnya.

Ditempat yang sama, Kuwu Desa Kejuden Nurkaedi juga menegaskan, haul ini, dilakukan untuk meningkatkan kekompakan seluruh kuwu di kabupaten Cirebon untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat dalam membangun desanya masing - masing," pungkasnya. (wnd)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top