Bonnie


E satu.com (Cirebon) - Tahun Baru Islam tanggal 1 Muharram 1445H adalah Hari Jadi Cirebon ke-654 bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2023. Pemerintah Kota Cirebon dalam hal ini menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-654 tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Balaikota Cirebon jalan Siliwangi No. 84 Kebon Baru Kec. Kejaksan Kota Cirebon, dan selaku Inspektur Upacara di jabat oleh Wakil Walikota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati.(Rabu, 19/07/23)

Adapun Pejabat-pejabat teras Kota Cirebon yang hadir pada kegiatan Upacara Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-654 tersebut diantaranya, Kolonel Inf. Andi Asmara Dewa, S.H., M.Han. (Danrem 063/Sgj), Letkol Inf Robil Syaifullah (Dandim 0614/Kota Cirebon), Letkol CPM Mudhofar S.Pd (Dandenpom III/3), Letkol Laut (P) Ridwansyah, S.E., D.W.C., M.Sos (Danlanal Cirebon), AKBP M. Rano Hadiyanto S.Ik.,M.M (Kapolres Cirebon Kota), Mayor Arh Yanuar Yudistira, S.T. (Danyon Arhanud 14/PWY), Mayor (Mar) Irwan Sunandar (Ka Sub Gar Cirebon), Iptu Jaja Supriatna (Perwakilan Brimob), Ruri Tri Lesmana (Ketua DPRD Kota Cirebon), Drs Agus Mulyadi M.Si (Sekda Kota Cirebon), M Ferdi Nasution (Kepala OJK Cirebon), Para Camat dan Lurah Kota Cirebon, Para Perwakilan per-Bankan Kota Cirebon dan Para Toda dan Tomas Kota Cirebon.

Pada Upacara Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-654 amanat Wali Kota Cirebon yang dibacakan Dra. Hj. Eti Herawati (Wakil Walikota Cirebon), menyampaikan “Momentum ini harus betul-betul kita jadikan sebagai ajang untuk mensyukuri segala pencapaian yang telah kita raih selama ini. Rasa syukur itu harus juga dibarengi dengan kesadaran bahwa eksistensi Cirebon hari ini merupakan sesuatu yang diperjuangkan oleh para pendahulu dalam rentang waktu yang panjang.”



Perjuangan dan keteladanan adalah nilai luhur yang harus tetap eksis dan menjadi kompas untuk melanjutkan arah pembangunan yang berorientasi pada kemaslahatan masyarakat.
Cirebon adalah tempat tumbuhnya persatuan, terbinanya kerukunan, dan terikatnya tujuan bersama dalam bingkai gotong royong. “tuturnya”

Tanah ini adalah tanah persatuan. Tanah ini adalah tempat hidup masyarakat yang berkomitmen untuk hidup beriringan, saling membantu, dan bersama membangun tempat hidupnya.

Atas dasar itu, slogan “Cirebon Ngobeng Maning” adalah sebuah narasi pendukung untuk mengingatkan kita semua bahwa kerja-kerja besar dalam pembangunan hanya dapat terwujud ketika kita melaksanakannya dengan semangat persatuan dan gotong royong. “tambah Eti Herawati.”

Dirgahayu Cirebon! Selamat Hari Jadi Cirebon Ke-654 dan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.
Semoga, Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa meridai dan mempermudah upaya luhur kita semua dalam melayani dan menyejahterakan masyarakat Kota Cirebon. “tutup Wakil Walikota Cirebon.”



Setelah kegiatan Upacara selesai Hari Jadi Cirebon ke-654 selesai, kegiatan dilanjutkan ke Gedung DPRD Kota Cirebon. Wakil Walikota Cirebon bersama Walikota Cirebon Drs. H. Nasrudin Azis, S.H. beserta rombongan Forkopimda untuk mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjalan menuju Gedung DPRD Kota Cirebon untuk melaksanakan Rapat Istimewa DPRD Kota Cirebon dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-654 tanggal 1 Muharram 1445H / 19 Juli 2023 M.

Sesampainya rombongan di depan Gedung DPRD Kota Cirebon, disambut oleh Ketua DPRD Kota Cirebon Ruri Tri Lesmana didampingi oleh Para Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon dan Anggota DPRD Kota Cirebon.

Ketua DPRD Kota Cirebon Ruri Tri Lesmana dalam sambutannya menyampaikan, Penetapan Hari Jadi Cirebon didasarkan kepada Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 24 Tahun 1996 tentang Hari Jadi Cirebon, yang jatuh pada tanggal 1 Asyura 791 Hijriah, sehingga setiap kita memperingati Hari Jadi Cirebon, selalu bersamaan dengan hari libur nasional yaitu Tahun Baru Hijriah. Oleh karena itu dalam peringatan Hari Jadi Cirebon ini sekaligus memperingati atau merayakan Tahun baru Hijriah 1 Muharam 1445 H.

Ketua DPRD Kota Cirebon juga memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya acara Peringatan Hari Jadi Cirebon ini, dan kami juga mengajak kepada jajaran aparatur pemerintah, lembaga dan seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk bersama-sama meningkatkan koordinasi dan sinergisitas serta menjaga dan pelihara Kota Cirebon dalam melaksanakan pembangunan.



Ruri Tri Lesmana juga mengatakan, melalui peringatan hari jadi Cirebon yang ke-654 dengan tagline ”CIREBON NGOBENG MANING” ini, kami pimpinan dan anggota DPRD mengajak untuk bersama-sama mendukung dan mewujudkan Visi dan Misi Kota Cirebon yaitu “SEHATI” (Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif) Kita Wujudkan Cirebon Sebagai Kota Kreatif berbasis Budaya dan Sejarah”.

Pada Rapat Istimewa DPRD Kota Cirebon dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-654 ini Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis juga menyampaikan, Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kota Cirebon terlebih dahulu menyampaikan ucapan “Selamat Hari Jadi Cirebon Ke-654 dan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah” yang bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2023, dan Semoga setiap langkah dan ikhtiar kita selama ini menjadi sarana evaluasi dan refleksi atas pengabdian dan karya bakti kita kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Di peringatan Hari Jadi Cirebon Ke-654 tahun ini, dengan semangat ngobeng, kita harus berkomitmen untuk menjadikan gotong royong bukan hanya sebagai slogan, sebatas kata-kata, atau bahkan jargon.
Gotong royong harus kita aktualisasikan, kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bekerja sehari-hari. Gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata, yaitu membangun dan membawa kemajuan bagi Kota Cirebon. “tutur Walikota Cirebon.”

Nasrudin Azis juga mengajak, Mari memperkokoh tali persatuan, persaudaraan, dan optimisme dalam menghadapi beragam tantangan di depan.

Di ujung masa kepemimpinan ini, kami berharap darma bakti kami selama ini dapat diterima oleh segenap masyarakat Kota Cirebon. Setiap upaya terbaik telah kami lakukan. Semoga, seluruh upaya itu menjadi bukti keseriusan dan komitmen kami selama ini dalam membawa arus pembangunan menuju kemajuan Kota Cirebon. “tutup Nasrudin Azis.”

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil ST., M. UD. juga memaparkan kinerja Gubernur Jabar selama 5 tahun, yang mana pada Minggu lalu kami mendampingi Presiden RI Bpk. Ir. Joko Widodo meresmikan TOL Cisumdawu yang di tuntaskan dalam kurun waktu 12 tahun.

Pertumbuhan kota Cirebon tahun ini 5,1%, dan akan meningkat pesat di tahun-tahun mendatang, pada bulan Oktober bandara Kertajati juga akan memulai penerbangan Internasional, salah satunya khususnya penerbangan untuk umroh. “kata Ridwan Kamil.”



Di tambahkan pula, “Provinsi yang paling banyak penurunan kemiskinannya di pulau Jawa adalah provinsi Jawa Barat, dan sebanyak 310.000 orang sudah naik kelas menjadi kelas menengah jadi selama 2 tahun terakhir dan tidak ada penambahan warga miskin yang ada adalah keturunan warga miskin, Saat ini kategori kemiskinan kita turun di 7,62% sementara nasional ada di 9,3%.”

Selesai melaksanakan kegiatan Rapat Istimewa DPRD Kota Cirebon dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-654, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah mengucapkan, “Selamat Hari Jadi Cirebon ke-654 tahun 2023.”

Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah juga berharap, semoga Hari Jadi Cirebon Ke-654 Tahun 2023 Tanggal 1 Muharam 1445 H ini, Pemerintah Kota Cirebon dan Masyarakat Kota Cirebon untuk bisa bersama-sama mendukung dan mewujudkan visi Kota Cirebon yang SEHATI (Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif).(wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top