camat


E satu.com (Cirebon) - Tahun ajaran Baru 2023/2024 Siswa-Siswi SMP maupun SMA/SMK, mulai masuk untuk melaksanakan Masa Orientasi Siswa atau yang lebih dikenal dengan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dengan berbagai kegiatan yang dilakukan. Masa Orientasi Siswa merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan disekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Sama hal nya yang dilaksanakan oleh sekolahan SMKN 2 Kota Cirebon, yang berada di jalan Cipto Mangunkusumo Babinsa Kel.Pekiringan Serda Engkus Kusnandar di tunjuk untukmelaksanakan kegiatan pemberian materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi SMK N 2 Kota Cirebon dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2023-2024, sebanyak 540 orang siswa dan siswi SMKN 2 Cirebon mengikuti kegiatan tersebut dengan materi Pembinaan Fisik dan Mental diantaranya materi PBB (Peraturan Baris Berbaris).(Senin, 17 Juli 2023).

MPLS sendiri bertujuan untuk menumbuhkan Motivasi, Semangat, dan cara belajar efektif untuk peserta didik baru. Menumbuhkan Perilaku Positif, jJujur, Mandiri, Menghargai, Menghormati Keanekaragaman dan Persatuan, Duisiplin, Hidup Bersih dan Sehat.



Pada kegiatan MPLS tersebut Serda Engkus juga memberikan materi Wawasan Kebangsaan, dimana maksud dan tujuannya adalah agar generasi muda mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara pandang bangsa indonesia mengenai diri, lingkungannya dan tanah airnya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhineka Tunggal Eka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam arahan selanjutnya Serda Engkus K. juga menyampaikan agar senantiasa nemumbuh kembangkan rasa Nasionalisme yang pada saat ini sudah mulai luntur dikalangan milenial. Kemudian nilai nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus dipahami agar tetap tertanam didalam jiwa generasi milenial rasa Nasionalisme kebangsaan dan cinta tanah air.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan di dalam melaksanakan kegiatan dalam rangka MPLS di SMK N 2 Kota Cirebon, diantaranya yaitu, Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mengucapkan Pancasila dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila, Pemberian materi Wasbang dan Latihan PBB.



Kegiatan Wasbang dan Latihan PBB dalam rangka MPLS itu juga mendapatkan apresiasi dari para guru dan respon positif serta antusias dari para siswa/siswi dalam mengikuti kegiatan tersebut.

"saya sangat bangga telah di percaya oleh Sekolah, dalam melatih dan memberikan materi ini dan semoga apa yang telah kami sampaikan bisa di pahami dan diamalkan dalam lingkungan sekolah maupun di masyarakat tempat mereka tinggal." tutur Serda Engkus.(wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top