Bonnie



E satu.com (Cirebon) - Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai Demokrat, Dr. Ir. H.E. Herman Khaeron, M.Si., bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, mengadakan Sosialisasi Program dan Kebijakan Kementerian Perdagangan.

Kegiatan berlangsung di GOR Desa Sampiran, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon Rabu (19/7/2023).

Pada kesempatan itu, Herman Khaeron mengatakan, ia bersama Direktorat Perlindungan Konsumen Kemendag, mensosialisasikan kebijakan Kemendag dalam melindungi konsumen.

"Kalau di pasar, masyarakat bisa memilih, antara yang baik dengan yang buruk. Namun, dalam sistem digital, konsumen tidak tahu kualitas barang. Sering kali, barang yang konsumen beli tidak sesuai dengan promosi atau yang diperdagangkan," ujarnya.

Herman Khaeron melanjutkan, pihaknya juga sedang menyusun UU Perlindungan Konsumen yang adaptif terhadap situasi saat ini. Pasca-Covid-19, perkembangan digital marketing makin pesat. Perbankan, perdagangan maupun sistemnya sudah digital.



"Jika tidak ada kebiiakan yang memadai, akan membahayakan konsumen. Produsen pun akan kehilangan kepercayaan," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan tersebut, ia ingin sektor UMKM bisa menjadi jangkar pengembangan ekonomi masyarakat. Secara bertahap harus ada pergeseran yang memberikan afirmatif terhadap pelaku UMKM.



"Oleh karena itu, pembina Yayasan Mitra Sehati, yakni dr. Ratnawati, terus membina UMKM, agar dalam situasi yang terus berkembang, mereka mampu beradaptasi dan mengembangkan usaha," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Analis Perdagangan Ahli Muda, Valda Kirana, juga hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Ia berharap, masyarakat dapat mengimplementasikan materi sosialisasi itu. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top