camat


E satu.com (Cirebon)
- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Senin (5/6/2023). 

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Kepala Dinas Pendidikan, Kadini, dan tamu undangan lainnya.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengatakan, menjaga dan mencintai lingkungan merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat, tidak hanya pemerintah saja. Karena itu, semua elemen harus bergerak untuk bersama menjaga lingkungan tetap bersih.

" Saya juga ingin anak - anak TK dan SD dikenalkan tentang kebersihan lingkungan. Untuk siswa - siswi SMP dan SMA tentu saja harus lebih digiatkan lagi tentang menjaga dan cinta lingkungan," tuturnya.

Azis melanjutkan, Terkait Hari Lingkungan Sedunia yang saat ini sedang diperingati, Azis mengingatkan semua unsur di pemerintah kota Cirebon untuk semakin sering mengadakan kegiatan nyata cinta lingkungan.

"Menurut Azis, Penghargaan kepada pihak - pihak yang berupaya agar warga Kota Cirebon terus menjaga lingkungannya menjadi lebih baik.

" Soal lingkungan hidup itu bukan saja satu kelompok tapi semua lapisan masyarakat, tanpa memandang usia. Dirinya ingin semangat menjaga lingkungan dirasakan oleh semua warga. Lomba - lomba juga bisa diadakan yang digelar pihak kelurahan dan kecamatan, yang menginduk ke Dinas DLH," ujarnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Lingkungan Hidup, dr. Yuni Darti, mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat pusat mengambil tema, " Beat Plastik Solution ".

" Tentu kita ingin mengurangi sampah plastik di darat, maupun di laut. Dari 200 ton, sekitar 50 sampai 60 persen itu terdiri dari sampah plastik. Untuk sampah kita sudah ada perda nomor 3 tahun 2018," ucapnya.

Yuni melanjutkan, Masalah sampah kita akan memulai dari hulu sampai hilir, dari mulai tingkat RW.


" Meminta kepada masyarakat untuk memilih sampai ada yang bisa didaur ulang," tuturnya.

Menurut Yuni, Sampah ada manfaatnya juga, bisa didaur ulang. Sampah bisa menghasilkan uang. 

" Sudah banyak juga kelompok masyarakat yang memanfaatkan sampah untuk membantu ekonomi warga. Bahkan, ada juga UMKM yang memanfaatkan peran serta masyarakat," pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top