camat


E satu.com (Cirebon)
- Anggota Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar turut menghadiri Upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2023 yang digelar di halaman Depan kantor Bupati Cirebon, Kamis (1/6/23).

Personel Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar dipimpin Dpp Ipda Rinto Sandro Manullang, SH mengikuti jalannya upacara dengan Bupati Cirebon.

ditempat terpisah, Komandan Kompi (Danki) 2 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, AKP Roni Yudiansyah, SH mengatakan, hari lahir Pancasila adalah saat yang tepat bagi kita untuk merefleksikan makna dan nilai nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari ," ucap Danki 2 AKP Roni Yudiansyah, SH.


Lebih lanjut Danki 2 AKP Roni Yudiansyah, berdasarkan sejarah, Pancasila dibentuk BPUPKI sebelum Indonesia merdeka dibutuhkan waktu berhari-hari dan adanya berbagai perdebatan antara tokoh pendiri bangsa dalam sidang BPUPKI untuk merumuskan lima sila sebagai dasar negara pada tanggal 29 Mei 1945 silam.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara diciptakan untuk dijadikan pedoman rakyat Indonesia.

" Kita sebagai rakyat Indonesia haruslah mengamalkan kelima sila dalam kehidupan sehari-hari. Seperti contohnya melakukan kewajiban kita sebagai umat beragama sama halnya mengamalkan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa," kata Roni Yudiansyah.


Ditambahkannya, dalam mengimplementasikan sila kelima menerapkan keadilan dalam berbagai bidang kehidupan kita.

" 1 Juni Hari Lahir Pancasila bukan hanya sebagai peringatan saja namun sebagai pengingat untuk masyarakat mengamalkan semua nilai nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila," tutupnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top